Sabtu, 04 Mei 2013

perdana





Program Studi Ilmu Pendidikan / PAUD
Institute Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ( IKIP ) PGRI JEMBER
SILABUS
Nama Mata kuliah             : Manajemen Pendidikan AUD
Jumlah SKS                         : 2 SKS
Pengampu / Dosen             : Mustaqim Makki, S. HI., M. SI
A.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Manajemen PAUD tidak membahas Manajemen PAUD secara holistik, untuk menghindari materi yang kurang signifikan, mata kuliah ini di fokuskan pada empat pokok bahasan dalam Manajemen Pendidikan AUD. Pertama terkait dengan manajemen SDM, Kedua Manajemen Keuangan, ketiga Manajemen Sarana dan Prasarana dan ke empat Manajemen Sekolah.
B.     Tujuan Mata Kuliah
Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa menguasai manajemen pendidikan AUD dari segi manejerial sumber daya Manusia, keuangan, sarana dan prasarana dan manajemen sekolah dalam lembaga PAUD. Kemudian secara khusus bertujuan agar:
1.      Mahasiswa mampu memberikan metode-metode up to date terhadap anak usia dini sesuai standar yang telah ditetapkan.
2.      Menciptakan pendidik yang profesional yang mampu mengelolah metode pembelajaran khususnya pada lembaga PAUD.
3.      Mengembangkan manajemen Program PAUD
4.      Mengembangkan pembelajaran edukatif bagi AUD
5.      Menjelaskan peran dan pentingnya PAUD
6.      Mahasiswa dapat menciptakan lembaga PAUD dan mengembangkannya secara profesional dan optimal hingga melahirkan generasi anak didik yang potensial.
C.    Materi Perkuliahan
1.      Pegertian Manajemen dan manajemen pendidikan AUD
2.      Tujuan Manajemen
3.      Objek manajemen
4.      Mazhab-Mazhab manajemen
5.      Manajemen keuangan lembaga PAUD
6.      Manajemen SDM
7.      Manajemen Sarana dan Prasarana
8.      Manajemen Sekolah
D.    Metode Perkuliahan dan Sistem Penilaian
Kuliah ini tediri dari ceramah dan diskusi / interactive lecturing, untuk diskusi setiap peserta diwajibkan menulis satu atau dua makalah (10-15 halaman) yang dipresentasikan dalam diskusi kelas. Sistem penilaian : Kwalitas makalah (setelah direvisi) 35 %: Partisipasi diskusi (20%), ujian tertulis UTS 20 % dan Ujian tertulis UAS 25 %).
E.     Daftar Pustaka
Harol Koontz, Dkk (1996) Manajemen Jilid I. Jakarta: Erlangga
Hasibuan, Malayu (2003) Mananemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara
Abidin, Y (2010) KompetensiProfesionalPendidikAnakUsiaDini. Diktat Kuliah. Bandung: UPI Kampus Cibiru.
Suryosubroto (2004)  Manjemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Robbins, Stephen (2006) Perilaku Organisasi. Cet. Kesepuluh. Jakarta: Indeks
Yayat M. Herujito (2001) Dasar-dasar Manajemen, Bogor: PT. Grasindo Persada.